Rabu, 17 Februari 2016

Proposal Usaha Pisang Keju



Pisang Keju Warna - warni 






A.   LatarBelakang
  Di era globalisasiinibanyakhal- hal yang instantidakterkecualimakanan. Hal inilah yang cenderungmenurunkankualitasmakanan. Dan jugahalinilah yang membuatpenulismendapat ide untukmembuatpisangkejuwarnawarni. Jenisusaha yang penulisjalankaniniadalahjenisusaha yang telah di modifikasidaribentukmaupun rasa, sehinggamampumenghasilkanmakanan yang berkualitasmaupunmenarik.

B.     Tujuan, VisidanMisi
-          Sebagaisyaratuntukmengikutiujikompetensiproduktifpemasaran
-          Melatihsiswamembangunjiwakewirausahaan yang di harapkanmampuberkereasimenciptakanpeluangusaha.
-          Menambahwawasandanpengetahuanpembacaterhadapusaha yang kitajalankan.

          Visi
-          Memajukandanmegembangkanusaha yang di jalankan.

C.    Manfaatdansasaran
-          Penulislebihbisamengetahuimengenaipembuatan proposal yang akanpenulisjalankannantinya.
-          Untukmengetahuiaktivitaskeuagandalamusahasehinggadapatmengetahuilabaataurugidalamsuatuusaha.

-     Sasaraan

-          Sasaran yang sayatujuadalahsemuakalangandansemuausiadari 7-60 tahun.

BAB II
PERENCAAN USAHA

A.    AspekProduksi

1.      Lokasi Usaha
      Penulisakanmemasarkanproduksayadi jalansengkawittanjungselor, kabupatenbulungan.

2.      NamaProduk
           Pisangkejuwarna – warni. Salah satuusaha yang cukupmudah di keloladan di pasarkan.

3.      Bahan Baku
      Bahanbaku yang sayagunakanuntukmembuatpisangkejuwarna – warniadalahsebagaiberikut :
1.      Pisang                        
2.      Tepungterigu
3.      Keju
4.      Gula
5.      Minyak goring
6.      Pewarnamakanan
7.      Garam
8.      Air mineral
9.      Gas LPG
10.  Tepung roti
11.  Susukaleng
12.  Plastikkemas





4.      Peralatandanperlengkapan
           Peralatan yang di gunakanuntukmembuatpisangkejuwarna – warniadalahsebagaiberikut :
1.      Kompor gas
2.      Wajan
3.      Baskomkecil
4.      Peralatanpenggorengan 1 set

5.   Proses Produksi
1.      Siapkanalatdanbahan
2.      Buatadonan creamdenganmencampurkansusu, tepungterigu, garam, guladanpewarnamakanan.
3.      Pisahkanadonan cream menjaditigabagian ,beriwarrna yang berbedapadamasing - masingadonan.
4.      Masukkandalam plastic, agar cream mudah di gunakanuntukmenghias plastic.
5.      Kupasulitpisang, celupkankedalamtepungterigu yang telah di beri air lalugulungkanpadatepung roti.
6.      Gorengpisang, tunggubeberapamenit, angkatdantiriskan.
7.      Setelah di tiriskan, berihiasan cream warna di ataspisang, lalu di beriparutankeju di ataspisang yang telahdiberi cream.


B. AspekPemasaran
       1. Segmentasi
                  Segmentasi yangpenulisgunakanuntukmenjualprodukiniadalahsegmentasidemografis, berikut variable – variabelnya :







NO
VARIABEL
KTERANGAN
1.
JENIS KELAMIN
LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN
2.
USIA
USIA 7-60 TAHUN
3.
JUMLAH KELUARGA
AYAH, IBU, KAKAK, ADIK
4.
PENDPATAN
TINGGI, RENDAH, REDAH
5.
JABATAN
PELAJAR, GURU, KARYAWAN
6.
KEPEMILIKAN RUMAH
PRIBADI, KONTRAK
7.
AGAMA
ISLAM,KRISTEN, HINDU, BUDHA
8.
LOKASI GEOGRAFIS
WILAYAH TANJUNG SELOR

2. Targeting
       Target pasar yang akan penulis tuju adalah semua kalangan dan semua usia.

3. Marketing Mix
      
a.      Pruduct (Produk)
Produk yang penulis buat adalah pisang keju warna – warni yang bahan baku utamanya adalah pisang dan bahan – bahan lain yang aman di konsumsi dan berkualitas.

b.      Price (Harga)
Penetapan harga utuk produk ini adalah dengan pertimbangan biaya variabel, biaya tetap dan takaran yang pas agar harga dari produk ini dapat di jangkau masyarakat, yaitu dengan harga Rp. 9.000

c.       Promotion (Promosi)
Penulis akan mempromosikan produk penulis dengan cara memberikan  ulasan mengenai kelebihan – kelebihan yang di miliki produk penulis.

d.      Place (Tempat)
Tempat usaha penulis, akan penulis lakukan di jalan sengkawit tanjung selor.


C.  Aspek Organisasi
        Penulis tidak memiiki karyawan.


D. Analisis Swot
       
        1. Srenght ( Kekuatan )
-          Kualitas dari pisang keju warna – warni sangat terjamin, karna dalam proses pembuatan di utamakan kebersihan dan kesehatan.
-          Rasa yang bervariasi memancing minat pembeli.
-          Dapat menjadi salah satu alternatif makanan ringan yang praktis, dan hemat.
2. Weakness ( Kelemahan )
-             Pisang keju warna – warni tidak tahan lama.
3. Peluang (Opportunity )
-             Kondisi masyarakat yang semakin konsuntif sehingga mempermudah
        Penulis memasarkan produk.
4. Threaths ( Ancaman )
-             Munculnya produk baru yang lebih unggul.








BAB III
PERENCANAAN KEUANGAN

       A. Permodalan
           
            1. Modal
Guna suksesnya usaha yang akan penulis jalankan maka di butuhkan modal. Sumber modal yang penulis gunakan adalah dari tabungan sendiri (BRI) Sebesar Rp. 1.000.000

2. Biaya Tetap
       Biaya tetap (Fixed Cost) adalah sejumlah biaya yang tidak berubah yang penulis keluarkan dalam kegiatan usaha yang penulis jalankan.
       Berikut ii biaya tetap dalam usaha pisang keju warna – wani :
NO
NAMA ALAT
JUMLAH
HARGA SATUAN
JMLAH TOTAL
1.
Kompor Gas
1 unit
Rp. 250.000
Rp. 250.000
2.
Wajan
1unit
Rp. 60.000
Rp. 60.000
3.
Baskom kecil
3 unit
Rp. 20.000
Rp. 60.000
4.
Perlengkapan memasak
1 pack
Rp. 100.000
Rp. 100.000











3. Biaya Variabel
       Biaya yang besar kecilnya, tergantung dari sedikit banyaknya produk yang penulis akan hasilkan berikut biaya variabel usaha pisang keju warna – warni :

NO

NAMA BARANG

JUMLAH

HARGA SATUAN
JUMLAH TOTAL
1.
Tepung terigu
2 kg
Rp. 10.000
Rp. 20.000
2.
Tepung roti
2 bks
Rp. 10.000
Rp. 20.000
3.
Keju
1 kotak
Rp. 10.000
Rp. 10.000
4.
Gula
1 kilo
Rp. 15.000
Rp. 15.000
5.
Minyak goreng
1 bks
Rp. 75.000
Rp. 75.000
6.
Pewarna makanan
3 bks
Rp. 5.000
Rp. 15.000
7.
Garam
2 bks
Rp. 2.000
Rp. 4000
8.
Plastik pengemas
1 pack
Rp. 30.000
Rp. 30.000
9.
Air
1 galon
Rp. 8.000
Rp. 8.000
10.
Gas lpg 3kg
1 buah
Rp. 25.000
Rp. 25.000
11.
Pisang
2 sisir
Rp. 10.000
Rp. 20.000
12.
Susu kaleng
1 kaleng
Rp. 12.000
Rp. 12.000
JUMLAH
Rp. 254.000
                                                       
4. Perhitugan sisa modal
     Modal – ( Biaya tetap + Biaya variabel)
     = Rp1.000.000 (Rp 470.000 +Rp 254.000 )
     = Rp274.000
5. Perhitungan harga jual
     Penentuan harga pokok produksi/HPP jumlah produksi per- hari 40 buah.
Ø  HPP Per- Unit  =
                         =
                    = 6.350 di bulatkan menjadiRp 7.000
Ø  Profit margin    =
Ø                      =
                         = 1.270 di bulatkan menjadi Rp 2.000
Maka harga jual per- unit untuk umum adalah
HPP per – unit + Laba
= 7.000 + 2.000
= Rp9.000/buah


B. Perencanaan Laba Rugi
     Asumsi bahwa produk yang laku yang laku terjual sebanyak 40 buah maka perhitungan adalah sebagai berikut :
Q laku x Harga jual
= 40 x 9.000 = Rp360.000

Asumsi bahwa 26 kali produksi per – bulan
= 360.000 x produksi dlm/bln
= 360.000 x ( Pendapatan x Jmlh produksi )
= (360.000 x 26) – (254.000 x 26)
= 9.360.000 – 6.604.000
= 3.026.000
Jadi pendapatan penulis per bulan Rp. 3.026.000









BAB IV
PENUTUP


A. Kesimpulan
     Dari beberapa uraian sebelumnya kini penulis dapat menyimpkan. Tujuan yang paling utamanya adalah memulai adalah memulai berwirausaha.

Analisa peluang usaha, perhitungan modal dan penetapan harga jual, dan terakhir jadwal kegiatan sangatlah penting dan berpengaruh terhadap baik buruknya suatu bisnis atau naik turunnya usaha yang di jalankan.

Demikian yang dapat penuis sampaikan dalam proposal ini semoga bermanfaat untuk ke depannya.

B. Saran
     Untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses di butuhkan keberanian mengambil resiko, sifat pantang menyerah, selalu berinovasi baru, harus bisa menentukan langkah apa yang di ambil jika tiba – tiba ada masalah dalam usaha juga harus bisa memikirkan rencana jangka panjang demi kemajuan usaha.

Tidak ada komentar: